Info Harga HP Terbaru dan Terupdate

Mengenal Android Lebih Dekat



Mengenal Android Lebih Dekat


Mengenal Android Lebih Dekat Pemakaian teknologi smartphone semakin hari semakin berkembang pesat dengan adanya sistem operasi berbasis open source yang disebut Android. Bayangkan saja dalam perkembangannya sampai sejauh ini, sistem operasi Android ini sudah mengalami beberapa kali pembaruan. Bahkan hingga saat ini versi terbaru yang dikenalkan telah muncul yaitu Android versi 5.0 Lollipop yang terpasang pada perangkat Motorola Nexus 6. Akan tetapi, tahukah anda tantang asal-usul, sejarah, atau bagaimana OS yang bernama Android tersebut bisa sampai sejauh ini? Nah untuk itulah, kabarhandphone.com memberikan ulasan agar anda mengenal Android lebih dekat seperti berikut ini.


Mengenal Android Lebih Dekat

Apa itu android?

Android adalah suatu Sistem Operasi yang berjalan pada perangkat gadget atau elektronik dengan mempunyai basis Open source seperi yang dimiliki oleh Linux pada perangkat PC dekstop. Tidak seperti Blackberry, Nokia, ataupun Apple, Android bersifat Universal yang artinya tidak terikat pada sebuah merek Ponsel saja. Memang sampai saat ini OS Android sangat identik dengan brand Samsung, akan tetapi vendor lain seperti Sony, HTC, Lenovo, Motorolla, dll juga sudah menggunakan dan mengembangkan berbagai aplikasi dan software pendukung dari Sistem Operasi ini.

Sejarah Android

Android dikembangkan oleh sebuah perusahaan software dengan skala kecil yang bernama Android. Inc yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di kota Palo Alto kawasan California, Amerika Serikat. Adalah Andy Rubin sebagai senior dalam bidang IT dan Communication yang mengajak beberapa kawannya yaitu Rich Miner, Nick Sears, dan Crish White untuk maju mengembangkan Sistem Operasi dengan logo robot hijau ini dengan tujuan bahwa Android Inc ingin mewujudkan sebuah perkembangan mobile device yang dapat mengerti pemiliknya.
Karena konsep dan tujuan yang bagus itulah maka salah satu raksasa perusahaan multinasional yaitu Google bersedia memilikinya. Resmi pada Agustus tahun 2005, Android Inc telah di akusisi oleh Google Inc dan semua sahamnya telah dibeli. Inilah titik balik kemajuan Sistem Operasi yang kini menyebar luas di dunia tersebut, sekaligus sebagai langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke industri Mobile Phone.
Meskipun Google sudah mengambil alih kuasa Android Inc, akan tetapi orang – orang di dalamnya seperti Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Crish White masih tetap dipertahankan dan kini merekapun menjadi bagian dari sejarah perkembangan Google.
Pada Nofember 2007, Google Inc mengajak beberapa perusahaan seperti Broadcom Corporation, HTC, Intel, LG, Marvell Technology Group, Motorola, Nvidia, Qualcomm, Samsung Electronics, T-Mobile, Texas Instrument dan Sprint Nextel untuk bersama – sama mendanai bersama proyek android ini dan akhirnya dibentuklah Open Handset Alliance. Saat itu juga dirilis Android berbasis Linux kernel versi 2.6.
Lalu pada Bulan Desember tahun 2008, bertambahlah anggota Open Handset Alliance dengan masuknya 14 perusahaan lainnya, yaitu ARM Holdings, Atheros Communications, Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, PocketVideo, Softbank, Sony Mobile, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Setelah itu babarapa versi Android telah resmi diluncurkan antara lain :

AndroAndroid v1.1



Android Cupcake v1.5



Android Doughnut v1.6



Android Eclair v2.1



Android Froyo (Frozen Yoghurt) v2.2



Android Ginggerbread v2.3



Android Honeycomb v3.0



Android Ice cream Sandwich v4.0



Android Jelly-bean v4.2



Android Kitkat v4.4



Android Lollipop v5.0



Asal Usul Maskot Android

Seperti kita ketahui, maskot utama dari Android adalah Robot Hijau dengan dua antena di kepalanya. Sebenarnya di pilihnya robot hijau tersebut sebagai maskot menurut beberapa sumber mengatakan karena terinspirasi dari sebuah game yang pernah muncul pada era 90’an yaitu Gauntlet : The Third Encounter produksi Atari. Dalam game tersebut, karakter utamanya adalah sebuah robot berwarna abu – abu yang mempunyai bentuk sama persis dengan maskot Android.
Ada juga yang menyebutkan bahwa maskot android terinspirasi dari salah satu robot yang ada di dalam film Star Trek yaitu R2D2. Karena memang pada saat Android dirilis, film starterk sedang merajai chart box office dunia. Jadi kira – kira yang mana yang sebenarnya benar – benar menjadi inspirasi?

Demikianlah ulasan kami tentang Mengenal Android Lebih Dekat. Silahkan kunjungi terus kabarhandphone.com sebagai jendela informasi harian anda. Terima kasih.
Mengenal Android Lebih Dekat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Qairina Wijaya

0 komentar:

Post a Comment